Saturday 13 September 2014

Cara Supaya Tidur Lebih Nyenyak dan Terhindar Dari Mimpi Buruk

Gan... Ane mau share tentang gimana caranya supaya tidur lebih nyenyak, terhindar dari mimpi buruk, dan bangun tepat waktu. Cara ini gan... admin dapat dari guru saya yang termasuk LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia). Ini dia Caranya:

  1. Lakukan Sholat isya' dulu sebelum tidur.                                                                                      "Jangan suka menunda-nunda waktu sholat". Itulah yang dikatakan banyak ulama. Jangan suka-suka menunda waktu sholat. Apalagi sholat isya'. Sholat isya' adalah sholat yang termasuk sulit untuk dilaksanakan. Banyak orang yang suka menunda sholat isya' tersebut. Menurut hasil survei saya, kebanyakan orang melaksanakan sholat isya' setelah tidur malam dan bangun tengah malam. Gan... Kalau kita tidak sholat isya' dulu sebelum tidur, tidur kita pasti tidak akan nyenyak. Ini pengalaman saya, gan... Waktu itu, saya kecapekan karena pulang les malam. Karena capek, saya tidur dulu dan sholat isya' nanti jam 3. Hp saya sudah saya alarm jam 3. Tetapi, saya dibangunkan tidur saya oleh Allah SWT pukul 01.00 tengah malam. Karena masih jauh dari jam 3, saya tidur lagi. Kemudian, saya dibangunkan oleh alarm saya pukul 03.00 dini hari. Karena saya masih capek, saya tidur lagi dan saya akan bangun lagi jam 03.30 untuk sholat. Sesudah itu, saya tidur lagi. Tetapi saya bangun jam 04.30 bukan jam 03.30. Sesudah bangun dari tidur saya, saya langsung mengambil air wudlu dan bergegas ke kamar sholat rumah saya. Belum selesai saya memakai sarung, tiba-tiba adzan shubuh sudah berkumandang. Dosa saya bertambah 1. Saya sangat menyesal akan perbuatan saya ini. Saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Tapi saya yakin, dibalik itu Allah SWT pasti mengajarkan kepada saya lewat ilmu yang bernama pengalaman. Karena, pengalaman adalah ilmu yang paling berharga dan ilmu yang membuat seseorang berubah ke arah yang lebih baik, dan membuat seseorang menyadari akan kesalahanya.           
          Saran dari ane supaya waktu shoal isya' adalah lakukan sholat isya' langsung setelah adzan isya' selesai berkumandang. Bagi yang rumahnya dekat dengan masjid, jangan segan-segan untuk sholat berjamaah di masjid. Jika waktu setelah adzan sholat isya' anda tidak bisa mengerjakan sholat lantaran masih sibuk dengan pekerjaanya, anda bisa mengerjakan sholat isya' langsung setelah anda selesai mengerjakan pekerjaan anda atau setelah pulang kerja supaya tidak tertunda. Hal ini paling cocok banget deh... Bagi anda yang sudah bekerja. Kalau anda yang masih sekolah, usahakan sholat isya' sebelum anda melakukan belajar malam. Patut di coba, nih. Saran ane.
              
         2. Lakukan Wudhu dulu sebelum tidur                                                                                                         Jika agan semua sudah mengerjakan cara yang pertama yaitu sholat isya' dulu, hendaknya agan semua melakukan wudlu dulu sebelum menuju tempat tidur agan. Orang yang belum batal wudlunya, maka setan-setan, iblis-iblis, bahkan jin-jin. Gak Bakalan bisa dech... merasuki dan mendekatinya. Karena itu, wudlulah sebelum tidur agar waktu tidur, agan gak bisa didekatin sama yang namanya setan. Soalnya, agan sudah wudlu sebelumnya, ya kan?                                                                                                                             Oh, ya. Tambahan dari ane. Wudlu itu adalah perisai manusia agar terhindar dari pedang tajam syetan. Jika agan sebelum tidur agan wudlu dulu, agan saat tidur bisa terlindungi oleh perisai wudlu dari pisau-pisau tajam syetan.                                                                                                                   
  
Saran dari ane untuk agan adalah jika agan sudah wudlu dulu sebelum tidur, usahakan jangan melakukan hal-hal yang membatalkan wudlu sesudahnya untuk menjaga kesucianya. Misalnya adalah BAK, BAB, kentut, dan sebagainya. Kalaupun itu terpaksa harus dilaksanakan, sebaiknya agan kembali wudlu agar dapat perlindungan dari Allah SWT.

          3.   Bacalah Al-Qur'an dulu sebelum berbaring di kasur tidur       
                Banyak orang yang tidak bisa membaca al-qur'an lantaran sibuk dengan urusanya. Maka dari itu, sebelum tidur sesudah wudlu seperti di atas, adalah waktu yang tepat. Sesudah wudlu, agan sebaiknya jangan langsung berbaring di kasur. Setelah Wudlu, ambilah al-qur'an dan bacalah al-qur'an minimal 1 halaman saja. INGAT... Minimal 1 halaman saja. Tetapi, lakukanlah hal itu setiap hari. Lakukanlah hal tersebut dengan rutin. Dengan begitu, agan bisa meluangkan waktu tersendiri untuk bisa membaca Qur'an. Karena Allah SWT suka kepada hambanya yang sering membaca Qur'an. INGAT... Allah SWT suka kepadanya yang SERING membaca qur'an bukan yang MENGHAFAL qur'an. Percuma hafal qur'an tetapi sangat jarang membacanya. Ingat, gan... Orang yang membaca Qur'an 1 halaman tetapi dilakukanya setiap hari LEBIH BAIK dari pada orang yang membaca al-qur'an langsung qatam 1 hari, tetapi setelah itu orang tersebut tidak membacanya lagi atau bisa jadi membaca 1 minggu, 1 bulan, atau 1 tahun sesudahnya.

Pada umumnya, orang-orang tidak sempat punya waktu untuk membaca qur'an lantaran disibukan dengan pekerjaanya atau sekolahnya di pagi hari, siang hari, maupun malam hari sehingga tidak punya sedikit pun waktu untuk membaca qur'an. Karena itu, waktu SEBELUM TIDURLAH waktu yang paling tepat untuk membaca Qur'an. INGAT BACALAH MINIMAL 1 HALAMAN TETAPI LAKUKANLAH SECARA BERULANG-ULANG DAN SETIAP HARI.

      4.  BACALAH SURAT AL FATIHAH, AL IKHLAS 3X, AL FALAQ 3X, AN NAS 3X, AYAT KURSI 3X, DAN DO'A SEBELUM TIDUR.
           Ini adalah cara saya yang terakhir, gan. Bacalah surat dan do'a tersebut sebelum tergeletak di kasur tidur. Usahakan bacalah sambil duduk dan bacalah dengan pelan-pelan dan penuh kekusyukan. Jangan terburu-buru untuk membacanya.

Sekian ya, pos dari ane karena ane setelah ini ada janjian oleh teman ane. Jujur kadang-kadang ane tidak melakukan ke empat cara di atas. Tapi tolong laksanakan, gan. Agar kita mendapat Ridlo dari Allah SWT. SEMOGA BERMANFAAT. ;)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com