Tuesday 24 March 2015

Ilmuwan Temukan Cara Tingkatkan Kinerja Memori Otak

Ilmuwan Temukan Cara Tingkatkan Kinerja Memori Otak

BERLIN - Dalam dunia sains, peneliti mengatakan tidur siang dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Tidur siang singkat selama 45 hingga 60 menit dapat meningkatkan kinerja memori otak hingga batas tertentu.
“Tidur siang singkat dapat membawa dampak positif pada otak manusia,” ucap ilmuwan Germany's Saarland University, Axel Mecklinger, seperti dikutip Softpedia, Senin (23/3/2015).
Para peneliti melakukan dua uji coba yang berbeda kepada sekelompok relawan. Percobaan pertama peneliti meminta para relawan untuk tidur. Menurut para relawan tersebut mereka merasa lebih mudah untuk mengingat kata-kata tunggal atau berpasangan setelah tidur siang.
Bahkan ketika diminta untuk menghafal satu padanan kata cukup aneh semisal, taksi-susu, relawan masih dapat melakukannya. Sementara pada percobaan kedua peneliti meminta para relawan lainnya menonton DVD. Hasilnya mereka sulit untuk mengingat informasi.
“Sebuah tidur siang singkat di kantor atau di sekolah dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan belajar dan bekerja. Di manapun dia berada, perlu diperhatikan tentang efek positif dari tidur siang singkat itu,” kata peneliti.
Menurut peneliti bagian otak yang berfungsi mengatur memori adalah hippocampus. Semakin baik memori seseorang, maka semakin banyak aktivitas yang dicatat (terjadi) di dalam hippocampus mereka.
(okezone.com)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com